Minggu, 06 Juni 2010

RANGKUMAN BAB 5: MANUSIA DAN KEINDAHAN

KEINDAHAN
Di mulai dari kata `keindahan` dimana artinya adalah bagus, cantik, elok, dsb. Karena itu keindahan dapat juga dikatkan bagian dari hidup manusia karena keindahan mancangkup hampir di semua aspek, mulai dari keindahan budaya, social, peradaban teknologi keanekaragaman dll. Sehingga dimanapun kapanpun dan siapapun dapat menikmati keindahan.
Keindahan itu identik dengan kebenaran dan begitu juga sebaliknya, dan tentunya kebenaran di sini bukanlah kebenaran ilmu melainkan kebenaran dalam kkonsep seni
Pada akhirnya keindahan itu tidak terikat oleh selera seseorang, waktu, tempat dsb.

APAKAH KEINDAHAN ITU?

Keindahan itu suatu konsep abstrak yg tidak dapt dinikmati karena tidak jelas, keindahan itu baru akan jelas jika dihubungkan dengan suatu wujud atau karya dimana karya itu adalah indah terutama seni misalnya lukisan, pemandangan alam, tubuh yg seksi, film dll
Di samping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian yakni:
a) Keindahan dalam arti yg luas
b) Keindahan dalam arti esetis murni
c) Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan
Keindahan dalam arti luas merupakan pengertian dari bangsa yunani dulu yg di dalamnya mencakup kebaikan. Plato menyebut ttg watak dan hokum yg indah, ariristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yg menyenangkan dan Plotinus menuliskan ttg ilmu yg indah adalah kebijakan yg indah.
Jadi keindahan dalam arti yg seluas-luasnya meliputi:
-keindahan seni
-keindahan alam
-keindahan moral
-keindahan intelektual

NILAI ESTETIK
Nilai estetik ini adalah nilai yg mencakup segala sesuatu dalam pengertian keindahan. Dalam bidang filsafat istila nilai seringkali di pakai sebagai suatu kataa yg abstrak yg berarti keberhargaan (worth).
Penggolongan nilai ada dua yaitu ekstrinsik dan intrinsik, nilai ekstrinsik adalah sifat baik suatu benda sebagai suatu benda sebagai alat atau sarana ut ksesuatu hal lainnya, sedangkan nilai intrinsic aadalah sifat baik dari benda bersangkutan atau sebagai suatu tujuan ataupun demi diri sendiri.

KONTEMPLASI DAN EKSTANSI
Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia utk menciptakan suatu yg indah, sedangkan ekstansi adalah dasar dalam diri manusia utk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yg indah.
Apabila kontemplasi dan ekstansi itu diubungkan dengan kreativitas maka kontemplasi merupakan factor pendorong utk menciptakan keindahan sedangakan ekstansi merupakan factor utk meerasakan, menikmati keindahan




APA SEBAB MANUSIA MENCIPTAKAN KEINDAHAN?

Manusia adalah makhluk citptaan tuhan, dan merekapun tahu bahwa keindahan itu adalah ciptaan tuhan. Pada dasarnya keindahan itu adalah alamiah dimana artinya adalah tidak berlebihan dan juga tidak kurang.
Manusia menciptakan keindahan berdasarkan motivasi mereka yg dimana utk mengagumi keindahan tersebut maupun tujuan lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar