Minggu, 06 Juni 2010

RANGKUMAN BAB 9: MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Menurut kamus bahasa Indonesia , tanggung jawab adalah keadaan wajib menaggung segala sesuatunya, sehingga dalam bahasa umumnya bertanggung jawab adalah menanggung segala sesuatu.
Tanggung jawab itu bersifat kodrarti yg dimana artinya sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia bahwa setiap manusia pasti di bebani tanggung jawab. Apabila orang itu tidak mau bertanggung jawab maka ada pihak lain yg akan memaksakan tanggung jawab itu.

MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang di buatnya, atas dasar ini lalu di kenal beberapa jenis tnggung jawab, yaitu:
a) tanggung jawab terhadap diri sendiri
tanggung jawab yg menuntut kesadaran setiap org utk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangakan kepribadian sebagai manusia pribadi.

b) tanggung jawab terhadap keluarga
tiap keluarga terdiri dari suami-istri, ayah-ibu, dan anak-anak. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya dan nama baik keluarganya.
Tanggung jawab dalam keluarga kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan

c) tanggung jawab terhadap masyarakat
manusia itu adalah makhluk social maka manusia tersebut harus menjalin komunikasi dengan manusia yg lain, dengan demikian manusia di sini merupakan anggota masyarakat yg memiliki tanggung jawab masing-masing. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatan harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

d) tangung jawab terhadap bangsa/Negara
tiap individu adalah warga negarasuatu Negara, oleh karena itu manusia tidak dapat brbuat semaunya sendiri, bila perbuatannya itu sala maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.

e) tanggung jawab terhdap tuhan
manusia tidak dapat lepas dari hukuman-hukuman tuhan yg dituangkan dalam kitab suci melalui berbagai agama. Tuhan akan member peringatan kepda manusia jika melanggar aturan-aturan dari tuhan dan jika manusia itu tidak menghiraukan peringatannya (termasuk peringatan keras) maka tuhan akan melakukan kutukan terhadap manusia tersebut.

PENGABDIAN DAN PENGORBANAN
a) pengabdian
pengabdian adalah perbuatan baik yg berupa pikiran pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, kasih sayang, hormat atau suatu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas, tapi lain halnya dengan membantu teman dalam kesulitan, mungkin sampai berhari-hari tapi itu bukan pengabdian tapi hanya bantuan saja.

b) pengorbanan
berasal dari kata korban atau kurban yg berarti persembahan, pengorbanan dalam arti pemberian sebagai tanda kebaktian tanpa pamrih atau mendengarkan khotbah agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar